← Back Published on

Strategi Viral Marketing Gojek x Rich Brian

Gojek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Berawal dari layanan transportasi, sekarang aplikasi Gojek memiliki lebih dari 20 layanan, mulai pesan antar makanan, belanja, pengiriman barang, pembayaran, pijat, bersih-bersih rumah dan lain-lain. Hingga saat ini, layanan Gojek telah tersedia di beberapa negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Sebagai perusahaan yang selalu menggaungkan identitasnya sebagai perusahaan karya anak bangsa asli Indonesia, Gojek selalu mengkampanyekan pemberian apresiasi bagi para anak bangsa lainnya yang turut berprestasi mengharumkan nama Indonesia di berbagai bidang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya berbagai kolaborasi Gojek dengan para anak bangsa berprestasi dalam berbagai projeknya, salah satunya yaitu kolaborasi Gojek dengan Rich Brian, rapper muda Indonesia yang telah sukses di kancah Internasional. Dalam projek ini, Gojek bekerja sama dengan Rich Brian untuk melakukan viral marketing, yaitu dengan mengantarkan pesanan makanan untuk Rich Brian yang sedang berada di New York, Amerika Serikat.

Interaksi ini bermula saat Rich Brian menggunggah tweet yang berisi kerinduannya akan makanan Indonesia saat ia sedang berada di New York. Gojek pun membalas cuitan Rich Brian tersebut untuk meminta alamat Rich Brian dan apa makanan Indonesia yang dirindukan Rich Brian. Selang dua hari kemudian, akun Twitter milik 88Rising, yaitu label yang menaungi Rich Brian pun mengunggah tweet berisikan foto yang menunjukkan mitra Gojek yang sedang memberikan pesanan makanan kepada Rich Brian. Sontak, unggahan inipun ramai diperbincangkan di berbagai media sosial, bahkan hingga diberitakan oleh berbagai media massa.

Strategi yang Digunakan Gojek

Dalam projek ini, strategi yang digunakan Gojek adalah viral marketing yang merupakan sebuah strategi pemasaran yang akan mendorong individu untuk menyampaikan sebuah pesan pemasaran kepada individu lainnya. Viral marketing yang dilakukan Gojek yang berkolaborasi dengan Rich Brian ini yaitu dengan mengirimkan pesanan makanan kepada Rich Brian yang sedang berada di New York. Selain itu strategi lain yang digunakan Gojek dalam projek ini adalah integrated marketing communication, yaitu suatu metode tentang bagaimana suatu bisnis bisa disampaikan dengan pesan yang sama pada seluruh media pemasaran. Dalam hal ini Gojek mengintegrasikan konten pemasaran tersebut di berbagai media yang berbeda. Dalam kasus ini, konten pengiriman pesanan makanan kepada Rich Brian yang berada di New York merupakan kick off dari projek kolaborasi Gojek dengan Rich Brian. Konten lain yang terintegrasi dalam projek kolaborasi ini antara lain kerjasama Gojek dengan Rich Brian dengan kemunculan driver Gojek dalam video klip lagu Rich Brian yang berjudul 100 Degrees dan juga konten Gojek in LA yang dipublikasikan Gojek melalui akun Instagramnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari strategi marketing yang dilakukan oleh Gojek ini, yang pertama yaitu dapat membangun emosi audiens atas dedikasi yang diberikan oleh Gojek bagi pelanggannya, bahkan bersedia mengirimkan pesanan pelanggan di luar negeri. Hal ini pun dapat memunculkan kekaguman audiens sebab Gojek yang merupakan perusahaan lokal asli Indonesia sudah go international, bahkan memunculkan desas-desus dikalangan warganet mengenai Gojek yang akan melebarkan sayapnya di kancah internasional. Yang kedua yaitu dapat meningkatkan brand awareness. Viral-nya iklan dari suatu brand tentu akan membuat nama brand pun semain ramai dibicarakan. Semakin banyak yang membicarakan iklan yang dibuat oleh brand, maka semakin banyak pula orang yang akan lebih mengenal brand tersebut.Yang ketiga yaitu audiens dapat merekomendasikan kepada temannya untuk menggunakan Gojek. Dengan meningkatnya awareness masyarakat akibat viral marketing yang dilakukan oleh Gojek tersebut maka dapat membuat nama Gojek menjadi top of mind dalam pikiran audiens sehingga membuat para audiens akan lebih memilih untuk merekomendasikan kepada kenalannya untuk menggunakan Gojek daripada aplikasi sejenis lainnya. Yang keempat yaitu dapat melengkapi strategi pemasaran lainnya yang dilakukan Gojek, dalam kasus ini viral marketing yang Gojek lakukan dengan mengirimkan makanan ke Rich Brian di Amerika berperan sebagai pembuka jalan bagi projek kolaborasi Gojek dengan Rich Brian. Dengan adanya viral marketing tersebut, projek kolaborasi ini pun dapat terlaksana dengan lebih maksimal.

Kekurangan dari strategi marketing yang dilakukan oleh Gojek ini yaitu pihak Gojek tidak dapat menduga apakah strategi ini akan berhasil atau tidak. Jikalau ternyata strategi viral marketing yang dilakukan sebagai kick off projek kolaborasi ini tidak berhasil, tentu akan mempengaruhi konten lainnya.