← Back Published on

Online Shop vs Offline Shop

Di era modernisasi seperti saat ini, segala aspek kehidupan manusia sangat bergantung pada teknologi. Tak dapat dipungkiri, kecanggihan teknologi mempermudah manusia dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Online shop merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi yang ada saat ini. Jika dahulu manusia haruslah datang ke toko untuk membeli suatu barang. Namun saat ini, dengan hadirnya online shop, dengan satu gerakan jari saja barang dapat terbeli tanpa perlu jauh-jauh datang ke toko tersebut.

Memang, berbelanja melalui online shop sangatlah efektif dan efisien. Kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk pergi ke toko dan memilah barang satu persatu. Dengan adanya online shop, kita hanya perlu memilah barang melalui gadget kita. Walaupun tren online shop sedang menjamur, namu eksistensi offline shop pun tidak kalah besarĀ  dari hadirnya online shop. Dari sekian banyak kemudahan yang kita dapat melalui online shop, mas banyak kesulitan yang dapat kita temui jika kita berbelanja melalui online shop. Maka dari itu mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari online shop dan offline shop.

Online Shop

Terdapat banyak sekali kelebihan dari online shop, yang pertama yaitu efektif dan efisien. Dengan adanya online shop, kita tidak perlu banyak membuang waktu dan enaga untuk membeli suatu barang. Yang kedua yaitu murah. Dengan menjamurnya bisnis online shop, masing-masing toko pun berlomba-lomba memberikan berbagai promo demi menarik pelanggan. Setelah membahas berbagai kelebihan online shop, sekarang mari kita membahas kelemahan dari online shop. Yang pertama yaitu kita tidak bisa memegang ataupun mencoba barang yang akan kita beli. Kita hanya bisa mengira-ngira bagaimana keadaan barang tersebut sebab kita tidak dapat melihatnya secara langsung. Yang kedua yaitu maraknya penipuan. Karena melalui media online, maka transaksi jual beli kita lakukan secara tidak langsung. Sudah banyak sekali terjadi kasus penipuan melalui online shop ini. Maka dari itu kita harus selalu berhati-hati dan jeli dalam memilih online shop.

Tips-tips untuk menghindari penipuan online shop:
1. Pilih online shop yang sudah terkenal dan memiliki banyak review baik.
2. Jangan mudah tergiur dengan embel-embel harga yang jauh lebih murah dari toko lainnya. Jika harga barang terlampau jauh dari yang di jual di toko-toko lain, hal ini patut dipertanyakan.
3. Sebisa mungkin meminta foto asli dari barang yang akan dibeli.
4. Jangan lupa selalu meminta resi pengiriman barang yang telah dibeli.

Offline Shop

Takdapat dipungkiri, kehadiran offline shop sebagai toko fisik yang dapat kita kunjungi tetap menjadi hal yang sangat penting. Masih banyak orang yang memilih untuk berbelanja di toko secara langsung. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan toko fisik, yaitu kita dapat melihat barang yang ingin kita beli secara langsung. Untuk kelemahan dari toko fisik sendiri yaitu tidak seefektif dan efisien online shop. Kita harus pergi ke toko tersebut untuk membeli barang, belum lagi jika antrian di kasir sangat panjang. Inilah yang terkadang membuat orang-orang lebih memilih berbelanja di online shop ketimbang datang ke toko secara langsung.