← Back Published on

Komunikasi Pemasaran Digital melalui Branded Web Series

Saat ini banyak terdapat pendekatan komunikasi pemasaran berbasis digital yang kreatif
dan unik yang digunakan oleh berbagai produsen dalam memasarkan produk serta mereknya. Salah satu jenis komunikasi pemasaran yang sedang marak digunakan oleh produsen khususnya di Indonesia yaitu branded web series. Branded web series adalah adalah suatu bentuk content marketing dalam format film pendek dari suatu brand yang dikemas dalam durasi padat, serta diletakkan dalam sebuah platform yang shareable untuk audiens seperti YouTube, Facebook, dan lain-lain. Dalam penggunaan branded web series, suatu brand tidak akan mempromosikan brand atau produknya secara gamblang atau terang-terangan menyuruh audiens untuk membeli produknya, namun promosi yang dilakukan berupa soft selling, yaitu dengan menyisipkan beberapa elemen identitas brand tanpa merusak jalan cerita dari dalam web series tersebut. Maraknya penggunaan platform digital di Indonesia pun membuat para produsen tergerak untuk mencoba mengembangkan strategi pemasarannya dengan membuat pendekatan melalui media yang dekat dengan para konsumen, seperti media sosial YouTube, Instagram dan Facebook yang marak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Penggunaan web series sebagai strategi komunikasi pemasaran sangatlah efektif untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand tersebut. Pemilihan strategi pemasaran suatu brand dengan menggunakan konten berseri yang memiliki jalan cerita yang menarik, terlebih didukung dengan kualitas sinematografi dan audio yang baik tentu akan lebih membekas di benak audiens. Selain untuk meningkatkan brand awareness, penggunaan web series juga efektif digunakan untuk menyampaikan kampanye ataupun identitas suatu brand kepada audiens. Kelebihan lainnya dari penggunaan web series sebagai strategi komunikasi pemasaran yaitu dapat dengan mudah melihat seberapa besar jangkauan audiens yang dicapai (seberapa banyak audiens yang menonton web series yang dibuat) serta tanggapan atau feedback audiens terhadap konten pemasaran yang telah dibuat (tanggapan audiens di kolom komentar).

Salah satu contoh branded web series yang menarik yaitu web series dari brand Tropicana Slim yang berjudul Sore: Istri dari Masa Depan. Web series yang terdiri dari 9 episode ini ditayangkan melalui kanal YouTube resmi milik Tropicana Slim. Web series ini menceritakan tentang Jonathan (diperankan oleh Dion Wiyoko), seorang fotografer Indonesia yang tinggal di Italia yang tiba-tiba didatangi seorang perempuan bernama Sore (diperankan oleh Tika Bravani) yang mengaku sebagai istrinya dari masa depan. Kedatangan Sore ke masa lalu Jonathan ini tentunya bukannya tanpa alasan. Besarnya rasa cinta Sore kepada Jonathan membuat Sore memutuskan untuk datang ke masa lalu Jonathan dengan tujuan untuk membantu Jonathan merubah pola hidupnya yang tidak sehat, sehingga di masa depan nanti Sore tidak akan kehilangan Jonathan akibat gaya hidup tidak sehat yang dijalankan Jonathan di masa mudanya. Alur cerita yang unik ditambah dengan bumbu-bumbu romansa manis dan konflik-konflik yang menguras emosi yang ditampilkan dalam web series ini sangatlah menarik dan membekas di ingatan. Pesan yang ingin disampaikan oleh Tropicana Slim melalui web series ini pun dapat tersampaikan dengan jelas, yaitu mengenai ajakan untuk menjalankan pola hidup sehat sejak dini seperti menjaga makanan, istirahat yang cukup, rajin berolah raga, sebab serangan penyakit yang ada tidaklah memandang usia.

Alur cerita web series ini juga sangat sesuai dengan brand image Tropicana Slim sebagai
produsen gula rendah kalori yang bahkan memiliki varian khusus bagi pengidap diabetes, yaitu Tropicana Slim Stevia yang relatif aman untuk dikonsumsi bahkan bisa memberikan manfaat untuk penyandang diabetes. Salah satu penyakit yang marak menjangkit masyarakat Indonesia adalah penyakit diabetes yang mana tiap tahunnya kasus diabetes pada kalangan usia muda di bawah 40 tahun terus meningkat. Maka dari itu, melalui web series Sore ini, Tropicana Slim ingin menyuarakan kampanye pola hidup sehat sejak masa muda, yang salah satunya dapat dilakukan dengan menjaga stabilitas asupan gula dalam berbagai makan maupun minuman dengan menggunakan gula rendah kalori seperti yang terdapat pada produk gula Tropicana Slim.